Makanan dan Minuman Yang Bagus Untuk Merawat Ginjal

Makanan dan Minuman Yang Bagus Untuk Merawat Ginjal

Makanan dan Minuman Yang Bagus Untuk Merawat GinjalMakanan dan minuman yang bagus untuk merawat ginjal – Jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis (CKD), penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan dan minum. Itu karena ginjal Anda tidak dapat membuang produk limbah dari tubuh Anda seperti seharusnya. Ginjal adalah organ yang sangat penting. Filter alami ini membantu mengeluarkan air dan racun ekstra dari darah, menstimulasi produksi RBC, dan mengontrol tekanan darah.

Mengingat pentignnya fungsi ginjal bagi tubuh, mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu yang bagus untuk ginjal adalah cara yang bijak untuk merawat kesehatan ginjal kita. Berikut ini adalah Makanan dan minuman yang bagus untuk merawat ginjal

Air
Cal – 0 Protein – 0 g Lemak – 0 g Karbohidrat – 0g

Air adalah ramuan ajaib. Ia memiliki kekuatan untuk membawa Anda kembali ke kesehatan. Tapi jangan berlebihan. Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 8 gelas untuk wanita dan 13 untuk pria. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda untuk memahami berapa banyak gelas air yang harus Anda minum per hari tergantung pada kondisi ginjal dan aktivitas harian Anda.

Kubis
Cal – 22 Protein – 1 g Lemak – 0 g Karbohidrat – 5 g

Kubis adalah sayuran berdaun yang dikemas dengan phytochemical. Antioksidan yang ada di dalamnya membantu mengais radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal. Kubis kaya sumber vitamin dan mineral, tetapi bukan yang berpotensi membahayakan ginjal.

Kembang Kol
Cal – 25 Protein – 2 g Lemak – 0 g Karbohidrat – 5 g

Kembang kol adalah makanan super cruciferous yang ramah ginjal yang kaya akan vitamin C , folat, dan serat. Ini juga mengandung senyawa yang penting untuk hati dan menetralkan zat beracun dalam tubuh. Kembang kol dapat dikonsumsi rebus, pucat, mentah, seperti saus, atau salad.

Stroberi
Cal – 49 Protein – 1 g Lemak – 0 g Karbohidrat – 12 g

Stroberi adalah sumber yang kaya antioksidan, vitamin C, mangan, dan serat. Mereka memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker dan merupakan pilihan yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. Namun, kontribusi mereka untuk kesehatan ginjal yang lebih baik diperebutkan. Jadi, bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsinya.

Apel
Cal – 65 Protein – 0 g Lemak – 0 g Karbohidrat – 17 g

Apple kaya akan sumber vitamin, mineral, dan serat. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi kolesterol jahat, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Karena diabetes terkait erat dengan gagal ginjal, mengonsumsi apel dapat membantu melindungi Anda dari masalah ginjal. Apel dapat dimakan mentah atau dimasak. Anda juga bisa membuat minuman yang lezat.

Jus Lemon
Cal – 61 Protein – 1 g Lemak – 0 g Karbohidrat – 21 g

Jus lemon memiliki potensi untuk membantu mengobati masalah ginjal. Vitamin C dan asam sitrat di dalamnya membantu menjaga pH internal, meningkatkan kesehatan yang lebih baik dan kekebalan yang lebih kuat. Minumlah jus lemon di pagi hari atau sebelum makan siang. Pastikan untuk mencairkannya dalam secangkir air dan jangan menambahkan gula rafinasi.

Ubi Jalar Ungu
Cal – 180 Protein – 2 g Lemak – 1 g Karbohidrat – 32 g

Seperti disebutkan sebelumnya, gagal ginjal atau penyakit terkait erat dengan diabetes. Dan diabetes terhubung dengan kebiasaan makan yang buruk dan obesitas. Jadi, jika Anda mengalami obesitas, ginjal Anda mungkin terpengaruh. Dalam konteks ini, para ilmuwan telah melakukan eksperimen dengan memberi makan tikus laboratorium yang gemuk dengan ubi ungu dan menemukan bahwa mereka membantu mengurangi peradangan dan berat badan. Ini, pada gilirannya, dapat membantu mencegah disfungsi ginjal. Namun, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi ini karena mereka tinggi potasium.

Semangka
Cal – 46 Protein – 0,9 g Lemak – 0,2 g Karbohidrat – 11 g

Semangka penuh dengan antioksidan kuat – likopen. Ini membantu mengais radikal bebas oksigen yang berbahaya, sehingga mencegah cedera ginjal ( 15 ). Tetapi jangan mengonsumsi semangka dalam jumlah besar karena dapat menjadi bumerang. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi jika Anda sudah menderita penyakit ginjal.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang bagus untuk merawat ginjal. Semoga Bermanfaat

Baca juga :

sumber :
http://www.stylecraze.com/articles/foods-to-keep-your-kidneys-healthy/
https://www.webmd.com/a-to-z-guides/diet-and-chronic-kidney-disease

Makanan dan Minuman Yang Bagus Untuk Merawat Ginjal

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *