Acai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Acai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Acai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan TinggiAcai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi telah masuk dalam daftar keluarga superfood yang kaya manfaat. Meskipun terlihat seperti blueberry, acai berry bukanlah buah yang dapat dikonsumsi dalam keadaan segar. Acai berry yang berasal dari Amerika Selatan dan sebagian besar ditemukan di Brasil tersebut kebanyakan dijual dalam bentuk buah kering yang sudah siap dikonsumsi.

Acai berry terkenal dengan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan sendiri berperan dalam melawan peradangan dalam tubuh yang dapat memicu penuaan dan penyakit.

Acai Berry Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa daging buah acai memiliki kapasitas antioksidan yang sangat tinggi bahkan lebih daripada kandungan antioksidan yang terdapat pada cranberry, raspberry, blackberry, strawberry, atau blueberry.

Memelihara Kesehatan Jantung

Acai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi dengan nama anthocyanin sangat berguna untuk membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah dan mencegah pembentukan plak-plak di pembuluh darah arteri, sehingga menangkal risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Kandungan antioksidan di dalam buah ini juga membantu memperlancar sistem peredaran darah ke seluruh tubuh, menyeimbangkan komposisi darah, sekaligus membuat otot-otot pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Mencegah Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

Acai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi yaitu anthocyanin, sebuah bentuk antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Acai Berry juga kaya akan sterol yang memberikan manfaat cardio protektif bagi sel-sel tubuh kita. Sterol mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, dan merelaksasi pembuluh darah. Sterol juga terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) 6 sampai 15 persen dan tidak mempengaruhi kolesterol “baik” (kolesterol high density- HDL).

Mencegah penyakit kanker

Acai berry sangat tinggi vitamin C dan asam ellagic, sebuah kombinasi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa senyawa polifenol yang diekstrak dari acai berry mampu mengurangi proliferasi sel kanker sebanyak 56-86 %. Diperkirakan bahwa phytochemcials (antioksidan) acai berry mampu menghentikan proses karsinogenesis pada tingkat molekul, untuk membunuh sel kanker sebelum mereka berkembang biak. Acai berry bukanlah obat paten penyakit kanker, tetapi memiliki potensi untuk membantu mengobati kanker.

Selain itu, acai berry diklaim dapat membawa banyak manfaat kesehatan lain, seperti penurunan berat badan, kesehatan kardiovaskular, hingga anti-penuaan.

Baca Juga :

Acai Berry, Buah dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *